Sabtu, 13 November 2021

Bandara Soekarno Hatta Luncurkan Layanan Pengenal Wajah

131121, 18:00  - Operator bandara Soekarno Hatta, PT Angkasa Pura II akan luncurkan layanan khusus untuk calon penumpang pesawat menggunakan pengenal wajah a.k.a. face rcognition.

Layanan khusus bernama TravelinLane ini rencananya akan diluncurkan pada awal tahun 2022 di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno Hatta.

Sebagai informasi, face recognition adalah teknologi yang bisa deteksi wajah seseorang, sekaligus bagian dari Artificial Intelligence a.k.a. kecerdasan artifisial.

Calon penumpang pesawat tidak pelru menunjukkan kartu identitas dan boarding pass fisik saat pemeriksaan di security check point 2, mereka hanya cukup tunjukkan wajah di alat face recognition untuk verifikasi.

Cara dan syarat untuk manfaatkan layanan travelinLane untuk calon penumpang pesawat :

Calon penumpang pesawat wajib mengunduh aplikasi travelin dan melakukan proses login, di aplikasi tersebut, pilih menu travelinPass untuk lakukan verifikasi data diri dan biometric yang akan divalidasi ke system Dukcapil. Usai proses validasi pengguna dapat melakukan proses untuk memperoleh travelinPas

Calon penumpang pesawat yang ingin memperoleh travelinPass harus sudah check-in di konter, kios self check-in (check-in mandiri), situs web, atau mobile check-in.

Mereka juga harus memastikan data vaksinasi dan hasil tes kesehatan sudah tersedia di aplikasi PeduliLindungi. Di menu travelinPass di aplikasi travelin, pilih "perjalanan", lalu "tambah perjalanan".

Di menu travelinPass di aplikasi travelin, pilih "perjalanan", lalu "tambah perjalanan". Isi tanggal keberangkatan, nama maskapai, nomor penerbangan, dan kode pemesanan atau tiket.  Aplikasi travelin akan melakukan verifikasi ke sistem maskapai/Common Use Passenger System dan sistem PeduliLindungi.

Jika semua syarat sudah terpenuhi, maka calon penumpang pesawat bisa memperoleh travelinPass berupa kode QR.

Dengan kode tersebut, mereka sudah bisa menuju travelinLane. Di bandara, calon penumpang pesawat bisa ke SCP 2, pilih jalur travelinLane.

Mereka tidak perlu menunjukkan KTP dan boarding pass, namun cukup menunjukkan wajah ke alat face recognition untuk membuka autogate. Sistem face recognition ini mengenali wajah dan data-data penerbangan yang ada di travelinPass.  Calon penumpang pesawat bisa ke boarding lounge untuk menunggu jadwal naik pesawat.

Ndut mengapresiasi dengan apa yang dilakukan Angkasa Pura, untuk lebih mempermudah pengurusan dokumen keberangkatan.

Ndut berharap layanan ini bisa dipergunakan dengan sebaik-baiknya agar layanan ini dapat mengurangi waktu yang selalu menjadi hambatan saat lakukan check ini dikala jam-jam sibuk.

Kita nantikan pengaplikasian di lapangan layanan terbaru ini agar pelayanan semakin membaik.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar