131121, 18:00 - Operator bandara Soekarno Hatta, PT Angkasa Pura II akan luncurkan layanan khusus untuk calon penumpang pesawat menggunakan pengenal wajah a.k.a. face rcognition.
Layanan khusus bernama TravelinLane ini rencananya
akan diluncurkan pada awal tahun 2022 di Terminal 3 Bandara Internasional
Soekarno Hatta.
Sebagai informasi, face recognition adalah
teknologi yang bisa deteksi wajah seseorang, sekaligus bagian dari Artificial
Intelligence a.k.a. kecerdasan artifisial.
Calon penumpang pesawat tidak pelru
menunjukkan kartu identitas dan boarding pass fisik saat pemeriksaan di security
check point 2, mereka hanya cukup tunjukkan wajah di alat face recognition
untuk verifikasi.
Cara dan syarat untuk manfaatkan layanan travelinLane
untuk calon penumpang pesawat :
Calon penumpang pesawat wajib mengunduh
aplikasi travelin dan melakukan proses login, di aplikasi tersebut, pilih menu
travelinPass untuk lakukan verifikasi data diri dan biometric yang akan divalidasi
ke system Dukcapil. Usai proses validasi pengguna dapat melakukan proses untuk
memperoleh travelinPas
Calon penumpang pesawat yang ingin
memperoleh travelinPass harus sudah check-in di konter, kios self check-in
(check-in mandiri), situs web, atau mobile check-in.
Mereka juga harus memastikan data vaksinasi
dan hasil tes kesehatan sudah tersedia di aplikasi PeduliLindungi. Di menu
travelinPass di aplikasi travelin, pilih "perjalanan", lalu
"tambah perjalanan".
Di menu travelinPass di aplikasi travelin,
pilih "perjalanan", lalu "tambah perjalanan". Isi tanggal
keberangkatan, nama maskapai, nomor penerbangan, dan kode pemesanan atau
tiket. Aplikasi travelin akan melakukan
verifikasi ke sistem maskapai/Common Use Passenger System dan sistem
PeduliLindungi.
Jika semua syarat sudah terpenuhi, maka
calon penumpang pesawat bisa memperoleh travelinPass berupa kode QR.
Dengan kode tersebut, mereka sudah bisa
menuju travelinLane. Di bandara, calon penumpang pesawat bisa ke SCP 2, pilih
jalur travelinLane.
Mereka tidak perlu menunjukkan KTP dan
boarding pass, namun cukup menunjukkan wajah ke alat face recognition untuk
membuka autogate. Sistem face recognition ini mengenali wajah dan data-data
penerbangan yang ada di travelinPass.
Calon penumpang pesawat bisa ke boarding lounge untuk menunggu jadwal
naik pesawat.
Ndut mengapresiasi dengan apa yang
dilakukan Angkasa Pura, untuk lebih mempermudah pengurusan dokumen
keberangkatan.
Ndut berharap layanan ini bisa dipergunakan
dengan sebaik-baiknya agar layanan ini dapat mengurangi waktu yang selalu
menjadi hambatan saat lakukan check ini dikala jam-jam sibuk.
Kita nantikan pengaplikasian di lapangan
layanan terbaru ini agar pelayanan semakin membaik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar